Kamis, 27 Januari 2011

Masih Muda Sudah Ubanan




Umumnya uban itu timbu karena faktor usia yang semakin tua. Semakin tua usia seseorang, maka sel-sel pigmen dikantung rambut secara bertahap juga akan mati, yang menyebabkan setiap helai rambut tidak lagi berisi banyak melanin dan akan mengubah warna rambut menjadi abu-abu atau putih selama pertumbuhannya.

Meski demikian, sebenarnya setiap orang bisa mendapatkan rambut uban diusia berapa saja. Beberapa orang beruban diusia muda seperti sejak duduk dibangku sekolah atau kuliah, namun ada juga yang beruban saat usia 30-40 tahun. Cepat atau lambatnya seseorang memiliki rambut beruban dipengaruhi oleh faktor gen.

Bisakah munculnya uban dicegah? Menurut Regi Kastria, pakar rambut di Cosino Beauty Salon, selain faktor usia ada beberapa tanggapan bahwa stress juga dapat memicu timbulnya rambut uban lebih cepat : ”Karena kerja keras otak yang sampai memicu stress sehingga membuat rambut terangsang cepat tua dan beruban.” katanya.

Beberapa penelitian juga mnyebutkan demikian. Diperkirakan hormon stress yang timbul dapat mengakibatkan peradangan yang mendukung produksi radikal bebas yang tidak stabil.

Menurut Regi, akar setiap helai rambut dikelilingi oleh sabuah tebung dari jaringan dibawah kulit yang disebut dengan kantung rambut (follicle). Setiap kantung rambut berisi beberapa pigmen sel yang terus memproduksi zat kimia yang disebut dengan Melanin-berfungsi untuk memberikan pertumbuhan batang rambut berwarna coklat, hitam, blonde, merah atau warna lainnya. Pigmen Eumelanin (untuk rambut hitam dan coklat tua) serta Pheomeanin (untuk rambut kuning dan merah).

Secara alami, uban memang akan tumbuh seiring betambahnya usia. Tetapi, jika usia anda masih kepala tiga dan uban sudah mulai tumbuh bisa jadi ada masalah dalam asupan nutrisi. Selain itu, kondisi psikologis dan genetik juga berpengaruh pada tumbuhnya uban pada seseorang yang masih berusia muda. Untuk mencegah tumbuhnya uban secara dini, ada lima langkah yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Konsumsi Vitamin B12

Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B12. Teman-teman bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi suplemen atau dari bahan makanan seperti keju, daging sapi, atau ikan. Kekurangan Vitamin B12 bukan hanya membuat anda anemia tetapi juga uban jadi tumbuh lebih cepat.

2. Buttermeal

Selain Vitamin B12 kalian juaga bisa mngonsumsi buttermeal, minum setip pagi secara teratur .

3. Pijatan dikulit kepala

Lakukan pijat kepala menggunakan minyak kelapa. Kalian bisa mnghangatkannya dulu, lalu mengaplikasikan dikulit kepala dengan memberikan pijatan lembut, setelah dipijat diamkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan shampo.

4. Masker rambut

Bukan hanya creambath dan pijatan dikulit kepala, lakukan juga masker pada rambut secara teratur. Masker rambut akan membuat rambut terlihat lebih bersinar, juga menutrisinya secara langsung menyerap pada akar rambut.

5. Kurangi penggunaan zat kimia

Bahan kimia pada produk pewarna rambut juga bisa membuat rambut mengalami penuaan dini. Bukan hanya terlihat lebih kering dan kusam, uban juga bisa tumbuh lebih cepat. Jadi, jika sebaiknya jangan terlalu sering gonta-ganti warna rambut

0 komentar: