Senin, 13 Desember 2010

Gerak Tumbuhan

Gerak tumbuhan dibedakan berdasarkan arah rangsangannya, ada tiga macam gerak tumbuhan, yaitu gerak autonom.esionom,dan higroskopis.

1.  Autonom => dipengaruhi rangsangan dari dalam tumbuhan itu sendiri (auto = sendiri ). Contohnya : gerak       mekar tanaman kubis,daun kol,dan mawar.
2. Esionom => dipengaruhi rangsangan dari luar.
3. Higroskopis => dipengaruhi perubahan kadar air di sel. Misalnya pecahnya kulit biji tanaman polong-polongan

GERAK ESIONOM :

Inget NTT, singkatan Nasti,Tropisme,Taksis

  •  Nasti  artinya gerak bagian tubuh tumbuhan yang arah geraknya enggak di pengaruhi arah rangsang. Getaran,panas,gelap atau terang cahaya,atau perpaduan ketiganya bisa menyebabkan gerak nasti.
  1.  Waktu kamu menyentuh bunga putri malu , getaran tangan kamu bikin daun putri malu menutup. Getaran yang kamu kasih ke daun berpengaruh ke tekanan turgor di dinding sel. Tekanan turgor ini bikin daun putri malu jadi menutup, jadi gerak ini tidak dipengaruhi arah rangsangan.Gerak menutupnya putri malu disebut seismonasti
  2. Bunga petai cina sering terlihat seperti " tidur". Kamu pasti pernah melihat tanaman ini di tepi jalan. Bunga ini "tidur" waktu malam hari. Gerakan ini dipengaruhi sama rangsangan gelap. Jadi kita, menyebutnya niktinasti (nikti = gelap )
  3. Kamu tahu bunga tulip kan ? Bunga dari negeri Belanda ini mekar karena pengaruh suhu lingkungan , lho waktu suhunya naik 1/2 , tulip bakalan mekar kalau suhunya turun lagi , tulip akan menguncup.
  4. Nah kalau yang ini unik banget . Namanya bunga pukul empat .Seru ya ? Disebut seperti itu karena bunga ini cuma mekar pada saat pukul empat sore . Hal itu karena pengaruhi cahaya dan suhu. Oleh karena di pengaruhi lebih dari dua faktor , gerakan ini di sebut dengan nasti kompleks




 
  •   Tropisme gerak sebagian tumbuhan menuju atau menjauhi arah rangsangan.Inget ya ? kalau mendekati atau menuju arah rangsangan namanya tropi positif. Kalau yang menjauhi arah rangsangan namanya tropi negatif. Gampang kan ? Nah berdasarkan jenis rangsangannya, ada 4 macam gerak tropisme. Inget FoGeHiTi (Fototropisme,Geotropisme,Hidrotropisme,Tigmotropisme
  1. Perhatikan tanaman bunga matahari. Gerak batang tanaman yang selalu mengahadap cahaya matahari disebut fototropisme positif.
  2. Selain mencari air , gerak akar juga dipengaruhi sama gaya tarik bumi ( gravitasi ) menuju pusat bumi . Inget aja , geo artinya bumi. Gerakan ini disebut geotropisme positif.
  3. Gerak tumbuh akar yang selalu ke arah air disebabkan karena tanaman sangat butuh air buat hidupnya. Contoh : tanaman bakau, Gerakan ini disebut hidrotropisme positif. 
  4. Pernahkah kamu melihat tumbuhan kacang panjang ? Bagian tubuhnya yang melingkar disebut sulur. Kenapa bisa melingkar seperti itu ya ? ternyata itu karena ada sentuhan antara tumbuhan yang sama benda penopangnya . Misalnya sentuhan sama kayu atau pagar rumah kamu . Gerakan sulur ini disebut tigmotropisme.




  • Taksis artinya gerak pindah tempat seluruh tubuh tumbuhan . Kalau menjauhi rangsangan namanya taksis negatif . Kalau mendekati arah rangsangan namanya taksis positif. Biasanya, taksis dipengaruhi sama cahaya atau zat kimia. Gerak taksis terbagi dua yaitu,sebagai berikut :
  1. Gerak taksis dalam fotosintesis yang tidak bisa dilihat dengan mata. Proses gerak ini disebut fototaksi positif. Contohnya : gerak kloroplas ke sisi sel daun yang kena cahaya matahari
  2. Gerak bakteri ke dekat oksigen disebut kemotaksis positif  Percobaan ini dilakukan oleh ilmuan yang bernama Englemann. Karena itu nama bakterinya adalah bakteri Englemann. Gerak bakteri Englemann mendekati kloroplas ganggang hijau dipengaruhi oleh zat kimia oksigen dihasilkan kloroplas waktu terjadi fotosintesis . Contoh lainnya adalah gerak inti generatif I yang mencari ovum diruang bakal biji. Ovum mengeluarkan zat kimia gula yang terjadi tanda bagi inti generatif I kalau ovum ada di ruangan bakal buah itu.


 


 




  


0 komentar: